Wednesday, December 9, 2009

Kmovie I'm A Cyborg But That's Ok


Sutradara : Park Chan-wook
Penulis : Park Chan-wook, Jeong Seo-kyeong
Produksi : CJ Entertainment
Durasi : 105 menit
Tgl rilis : 2006
Pemain : Rain, Im Soo-jeong

Di benak Young-goon, misi utamanya di Bumi adalah melenyapkan dokter dan perawat berbaju putih yang dianggap bertanggung jawab membawa nenek yang dicintainya ke sebuah tempat yang tidak diketahui. Namun yang jadi masalah, kekuatannya masih belum cukup.

Dalam kehidupan nyata, Young-goon adalah gadis malang yang bekerja di sebuah pabrik pembuatan radio dan sempat dilarikan ke rumah sakit (dan belakangan rumah sakit jiwa) karena memotong urat nadi dan menyetrum diri karena menganggap dirinya adalah mahluk setengah robot.

Di dalam rumah sakit, Young-goon bertemu dengan sejumlah pasien yang tidak kalah unik mulai dari yang kerap merasa bersalah setiap kali ada kejadian tidak mengenakkan, gemar berkaca, hingga seorang wanita yang gemar menceritakan kejadian bombastis dan cenderung tidak masuk akal.

Namun dari semuanya, salah satu yang paling unik adalah pemuda bernama Il-soon yang dianggap rekan-rekannya mampu mencuri apapun terutama 'kemampuan' sesama pasien. Secara kebetulan, Il-soon langsung tertarik dengan sosok Young-goon yang kerap berbicara dengan sejumlah mesin atau perkakas elektronik yang ada di rumah sakit tersebut.

Bagi para dokter sendiri, yang menjadi kekuatiran mereka adalah kondisi Young-goon, yang menganggap dirinya setengah robot dan hanya mengkonsumsi listrik atau batu baterai, terus merosot akibat keengganan gadis itu menyantap makanan yang disediakan.

Dengan caranya yang unik, Il-soon berusaha untuk membuat Young-goon mau makan seperti layaknya manusia normal sambil berpacu dengan waktu kondisi gadis itu yang semakin kritis. Siapa sangka dibalik semua kejadian tersebut, ada benang merah dalam setiap kejadian yang disebabkan oleh trauma psikis di masa lalu.

Bagi penggemar Rain yang penasaran ingin menyaksikan seperti apa akting bintang idolanya di layar lebar, inilah debutnya yang memasangkan artis multitalenta Korea tersebut dengan aktris watak Im Soo-jeong. Bahkan, I'm A Cyborg But That's OK alias Ssaibogeujiman Gwaenchanha merupakan salah satu film yang paling ditunggu kehadirannya.

Tidak bisa disangkal, hal tersebut juga dipengaruhi oleh reputasi sutradara Park Chan-wook yang sebelumnya sukses lewat Sympathy for Lady Vengeance dan Old Boy. Sayangnya film satu ini hanya sempat menggebrak di pekan pertama sebelum melorot dan besar kemungkinan kalau hal tersebut disebabkan oleh jalan cerita yang 'sangat tidak biasa'.

Namun di berbagai ajang festival film, Ssaibogeujiman Gwaenchanha mendapat banyak pujian. Terakhir di ajang Baeksang Award ke-43, Rain sukses meraih gelar Aktor Terbaik sementara lawan mainnya Soo-jeong sukses meraih nominasi. Penasaran seperti apa filmnya, saksikan sendiri deh


Sumber : LI

No comments:

Post a Comment